jump to navigation

Pentingnya Baca Dan Pahami “Buku Petunjuk Pemilik” 03/06/2013

Posted by ARIPITSTOP in OTOMOTIF.
trackback

P1050971

Pada saat kita beli motor baru dan motor sudah tiba dirumah,apakah kang bro langsung baca dan pahami isi dari “buku petunjuk pemilik” (BPP) ? Pasti langkah awal dipikiran kang bro langsung jajal motor diajak jalan2, maklum punya motor baru pengennya sich caper sama tetangga.Satu langkah kesalan awal jika kang bro langsung semplak tuch motor diajak jalan2,jika sudah punya motor sebelumnya mungkin sudah tahu cara pemakaian dan pemeliharaannya,yang bermasalah jika pemilik motor ini belum pernah punya motor apalagi beli motor matic yang punya penanganan berbeda baik cara pemakaian atau cara perawatannya.Jadi sebelum kang bro mengendarai motor baru ada sebaiknya baca dan pahami “buku petunjuk pemilik” (BPP) karena dengan baca dan pahami isi dari BPP ini,kang bro bisa tahu cara mengendarai motor yang benar dan bagaimana cara perawtannya,bisa jadi mekanik dadakan loch…..mau bukti ? silahkan baca BPP ini.

P1050973

 

Isi didalam buku BPP ini ada prosedur bagaimana cara menghidupkan mesin,cara berkendara dengan aman,pemeriksaan sebelum jalan,langkah2 perawatan berkala sampai spesifikasi motor.Sangat penting untuk memahami isinya,karena sudah jadi kebiasaan orang indonesia bahwa pengennya motor bagus lari kenceng tanpa mengindahkan cara berkendara dan jika motor rusak minta claim garansi dan harus dilayani,kang ari lebih jadi konsumen saja jika begitu xixixixixi….peace,tapi itu masih jadi kenyataan bahkan kebiasaan orang indonesia (maaf jika salah).

Pasti kita semua meng-inginkan kondisi motor selalu fit setiap saat,saat motor kita pakai.Agar tidak salah langkah dalam perawatan perawatan motor ada baiknya kang bro baca dan pahami isi buku BPP ini,lalu apa saja sich isinya ? kang ari contek sedikit isi dari buku BPP ini,

P1050974

 

“Sepeda motor adalah kendaraan roda dua,Pemakaian yang aman tergantung dari penguasaan teknik berkendara yang tepat dan ketrampilan pengendara.Setiap pengendara harus mengetahui persyaratan dibawah ini sebelum berkendara.” Salah satu petikan kata2 pada halaman awal di BPP,disitu dijelaskan dari kewajiban pengendara itu meliputi apasaj,cara berkendara yang aman,piranti keselamatan,beban muatan sampai accesories yang membatalkan garansi.

P1050976

Di buku ini dijelaskan pula berapa beban maksimal yang harus ditanggung pada motor kang bro.

P1050977

Dijelaskan pula cara pemakaian helm yang benar.

Sebelum kang bro mengendarai motor sangat penting pula menguasai fungsi2 dari instrumen,alat kontrol dan sinyal2 yang ada di motor,sepertifungsidan kegunaan dari kunci kontak,hal sepele tapi jangan disepelekan,disini diterangkan semua hal daricara mengunci stang,kunci pada posisi OFF/ON,fungsidari snyal2 seperti lampu sen,klakson dll.

P1050979

 

P1050980

Terdapat juga list/daftar pemeriksaan sebelum pemakaian seperti pemeriksaan bahan bakar,kondisirem,kondisi ban dll.Ada juga informasi2 umumyang layak kang bro baca.

P1050981 P1050982

“PERAWATAN BERKALA DAN PERBAIKAN RINGAN ” Salah satu judul pada halaman berikutnya,yang isinya sangat penting buat kenyamanan kang bro saat berkendara,disini dijelaskan kapan saatnya kita service,kapan saatnya ganti busi,ganti oli,bahkan disini diterangkan lebih spesifik misalnya cara buka busi,ukuran kerenggangan celah busi,caranya ganti oli mesin bahkan cara buka dan perawatan filter udara-pun juga dijelaskan disini.

P1050984 P1050985 P1050986

Tekanan ban dan kapan saatnya ganti ban juga ada,komlpit kan…makanya jangan sampaitidak baca buku ini,karena dengan baca dan pahami isi buku BPP inikang bro bisa jadi mekanik motor kang bro sendiri,masih nggak percaya ? lihat dibawah ini,disitu dijelaskan cara menganalisa penyebab kerusakan,intinya saat motor kang bro mogok/mati mendadak dijelaskan langkah2 apa saja yang bisa yang harus dicek,sudah ada tabelnya.Motor bisa hidup karena tiga faktor:

1.Bahan bakar,jika aliran bahan bakar normal motor akan hidup.

2.Kompresi,jika tidak ada kompresi motor tidakakan bisa hidup.

3.Pengapian,jika sudah ada bahan bakar yang sudah dikompresi tapitidak disulut api maka motor tidak bisa hidup.

P1050987

Dijelaskan pula cara penanganan sepeda motor saat pembersihan dan penyimpanan,komplit banget to…..tidak ketinggalan juga spesifikasi motor itu sendiri,kang bro pasti sudah tahulah apasih spesifikasi motor sendiri.Diterangkan juga letak posisi nomor mesin dan nomor rangka jadi kita tidakkesulitan saat registrasi perpanjang BPKB.

P1050992 P1050995 P1050996 P1050997

Jadi baca dan pahami “buku petunjuk pemilik” karena manfaatnya :

1.Konsumen mendapatkan kemampuan yang maksimal dari sepeda motor.

2.Kemampuan kerja sepeda motor dapat terjaga dalamwaktu panjang.

3.Pemakaian bahan bakar dan biaya perawatan dapat dihemat seminimal mungkin.

4.Sepeda motor mempunyai nilai jual kembali yang masih tinggi.

Masih nggak mau baca buku petunjuk pemilik ?…..NDABLEK namanya,

 

Iklan

Komentar»

1. system - 03/06/2013

mantap info..

2. orong-orong - 03/06/2013

tidak sempet baca karena banyak banget. cuma kalau ada waktu luang saja baca sedikit

3. fnaufala - 03/06/2013

lumayan penting juga sih, dulu waktu mw ganti bohlam juga liat di BPP

4. mx marun - 03/06/2013

sipp info nya

5. 46@sukses.com - 03/06/2013

Di woco bolak balik,ping 41,iso2 dadi mikanik,
*bwat mtornya sndiri..

ariblogmotor - 03/06/2013

kakean kali kang….xixixixi…

6. ijo royo royo - 03/06/2013

lanjut kang ari….

7. Prastyawan - 03/06/2013
8. frgoes87 - 03/06/2013

mas ari, kenapa kalo NVL dikasih oli Yamalube malah suaranya kasar ya?? padahal udah pake yg yamalube 4t sport….

http://frgoes87.wordpress.com/2013/06/03/prahara-di-htc-ada-apa-sebenarnya/

ariblogmotor - 03/06/2013

perkiraan kang ari mungkin karena terlalu encer,

9. arifin - 03/06/2013

weleh..weleh…sing lagi duwe motor anyar mono…wkwkwk

ariblogmotor - 03/06/2013

xixixixi…maksute udu koyo ngono,sakdilalahe wae duwe mtr anyar

10. Rollerman - 03/06/2013

Buku BPP dan buku service sangat vital sekali untuk merawat motor.
Banyak kasus orang beli motor baru,tapi gak pernah baca buku tersebut,ehhh ngerawat motornya seenaknya dah.Ganti oli aja kalau ingat,servis CVT gak pernah,jgankan servis CVT,istilah CVT aja kadang gak tahu (pkoknya terlihat kayak rantainya bebek,ya udah perawatannya sama aja)
ujung2nya motor rusak,yang dsalahin pabrikannya.

ariblogmotor - 03/06/2013

betul banget,

11. Gondrong - 03/06/2013

Yg paling parah tuh soal masa inreyen 0-500 & 500-1000 km. Konsumen lebih percaya dg “Katanya” langsung betot full speed aja biar tenaganya enak dg alasan udh terbukti. Wuih berarti konsumen tsb lebih pinter dari insinyur2 pabrikan ya? :mrgreen:

12. jinx - 03/06/2013

baca utk hal2 yang terbilang baru saja.. males sih..

13. Fordi - 04/06/2013

kang,kurang paham soal tulisan beban maksimal mtr.di mio j trtulis beban maks 150 kg.apa dmpaknya klo qt brkndra dgn beban melebihi bts maksimalnya?

ariblogmotor - 04/06/2013

yg pasti sokbeker cepat ambles jika melebihi beban yg ditentukan,setiap mtr beban maksimal berbeda2.kalo bebannya jauh dari maksimal…rangka juga bisa bengkok meskipun kejadiannya jarang banget.

14. dony - 04/06/2013

kang, service cvt itu tiap brp km ya?
apa klo uda ngerasa ga enak atau slip baru servis cvt nya?
trus biasa nya klo greese / gemuk yg buat cvt itu di bengkel resmi jual ga?

ariblogmotor - 04/06/2013

disarankan setiap 10ribukm/6bulan.greas cvt di setiap bengkel pasti ada kang harga het 11ribu

ariblogmotor - 04/06/2013

disarankan setiap 10ribukm/6bulan.greas cvt di setiap bengkel pasti ada kang harga het 11ribu

15. jofrin - 05/06/2013

Boro-boro pada baca buku pedoman…lha yg biasa ditanyakan konsumen itu tiap beli motor itu dapat hadiah apa aja…helm yg kayak apa…jaket yg kayak apa…en dapet potongan apa ato ada promo apa 🙂

ariblogmotor - 05/06/2013

kalo motor rusak akibat salah pemakaian yg disalahin siapa?

jofrin - 05/06/2013

maka dari itu kebiasaan konsumen kayak gitu yg sering bikin masalah….motor masih baru uda dipake buat boncengan 3 orang segede gajah lagi….jelas2 pake pertamax masi dikasi minum premium…

16. Mungkin Ini CBR150R Lokal Yang Pertama Kali di Indonesia Mengalami Kecelakaan, Motor Baru Tidak Ada Garansi Kecelakaan dari Pabrikan | ARIPITSTOP - 15/10/2014

[…] Pentingnya Baca Dan Pahami “Buku Petunjuk Pemilik” […]

17. Inilah Salah Satu Sifat Biker Ndablek…! Solusinya Simpel kok | ARIPITSTOP - 12/06/2015

[…] Pentingnya Baca Dan Pahami “Buku Petunjuk Pemilik” […]

18. vin - 27/12/2015

klo kita liat spesifikasi di halaman belakang, beban maks 164 kg utk mio, 120 kg utk vario125, itu artinya tenaga mio jauh lebih kuat


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: