Cek Kondisi Filter Oli,Kotor Wajib Ganti 02/06/2013
Posted by ARIPITSTOP in OTOMOTIF.trackback
Buat kang bro para pemilik motor bermesin 4-tak patut mewaspadai kondisi saringan oli. Karena fungsi dari saringan oli ini untuk menyaring oli yang akan dialirkan ke komponen yang ada di bagian head silinder dan kemudian mengalir kembali ke bak mesin.
Untuk itu pemeriksaan dan perawatan pada komponen ini, tidak boleh diabaikan.Pada motor 4-Tak yang menggunakan sistem pelumasan tipe basah atau wet sum type pelumas didistribusikan oleh sebuah pompa oli ke komponen-komponen yang bergerak.
Sebelum oli dipompakan ke komponen mesin seperti noken as dan juga poros engkol, oli tersebut disaring terlebih dahulu. Sehingga kotoran tidak ikut terbawa. Nah, kondisi saringan juga menentukan kualitas oli yang dialirkan. Jika saringan sudah penuh dengan kotoran, maka oli yang dialirkan pun tidak akan bisa maksimal.
Bahayanya, friksi yang terjadi antar komponen menjadi lebih tinggi. Selain suhu mesin menjadi lebih panas, efek terparahnya bisa bikin mesin jebol.Perlu kita ketahui juga, pada sepeda motor dengan pelumasan tipe basah terdapat dua buah saringan. Saringan kasa dan saringan oli kertas. Dua saringan ini membutuhkan perlakukan yang berbeda saat kita lakukan pembersihan,
Dan untuk filter oli yang kedua, karena terbuat dari bahan kertas jadi sangat mudah untuk menangkap kotoran.
Mantapnya, tak hanya bagian dalam saja yang bisa menangkap kotoran. Tetapi kertas bagian luar juga bisa menahan kotoran semacam geram, hasil gesekan antar komponen besi agar tak terbawa lagi.
Filter oli kertas jangan dibiarkan kotor. Sebab, jika tersumbat kotoran, maka pelumasan jadi tidak lancar! Untuk filter oli jenis kertas ini rata2 dianjurkan dilakukan penggantian maksimal setiap 9ribu km.
nanya kang. kalo filter pny scorpio d’pake ke mx bisa ga kang,,,,
bisa kang,bisa saling subtitusi
kalo filter oli kasa model supra fit gak perlu diganti y kang, selama belum bongkar mesin?
model kasa cukup dibersihkan saat bongkar kopling/ganti kampas kopling.(sekalian bongkar)
mf keluar dari tema,,
kenapa ya ko mx sya indikator d’spido yg warna merah sering nyala klo d’ajak jalan pelan karna jln kmpung yg rusak.
tp stlah brhenti dan motor d’mati’n trus nyalain lg indikator normal lg,tp stlah d’ajak jalan lg ga lama skitar 15 mnit kmudian nyala lg indikator merah nya,pdhal jarak tempuh cma 15 km indikator nyala mpe 2x.
aneh nya kalo d’bawa k’luar kota dengan jln mulus trus motor bsa d’pacu dngan k’cepatan sedang walau mnempuh jarak lebih dri 100 km indikator merah normal2 aja,kira2 apa nya ya kang masalah nya,mohon pncerahan nya,(air radiator baru gnti 1 blan yg laku)
ada kecurigaan soket TPS dikarburator kendor,karena lampu mil nyala saat kondisi jln rusak,pada saat jln di kondisi jln rusak mtr jd banyak getarannya karena soket TPS kendor jadi goyang2 (putus-sambung) yg akibatnya lampu merah nyala.
punya ane udah 2x ganti, malah sering dibuat artikel,,
kang numpang tanya, klo speedometer mati biasanya penyebabnya apa y?
motor baru 2th
bagian apanya yg mati ?
jarum speddometer sama odometer g jalan kang
sudah di cek kabel speedometer dan gigi nanasnya ?
belum kang, apa termasuk part fast moving? mengingat umur motor baru 2th
cek kabel speedo dan gigi nanas dl
bel motorku kok malah jadi lebih ngebas ya? kenapa kang? harusnya kan nyaring gitu tp sekarang lebih ngebas tp gak kaya aki soak. kelistrikan standar pabrik dan normal smua tuh. lampu mil juga gak nyala. kira2 kenapa kang? sampe sy bersihin jg tah speaker belnya
cek apakah baut pengikat klakson kendor ? jika bautnya kencang,bawa ke bengkel dan minta di seting suara klaksonnya biar normal lagi.
Absen siang gan
absen malam nich…
jadi flter oli cuma ada di mtr 4 tak dgn sistem wet sump ya kang?lalu klo di matic kan adanya strainer oli,fungsinya jg hmpr sm kn kang dgn filter oli mdel kasa?kan sm2 bs dbrshkn?
iya betul,untuk matic jenis kasa dan mudah dibersihkan karena terletak di pembuangan oli kedua.
jupiter z ku wes 4 tahun iki durung tau genti oil filter kang, piye ?
ijek aman po ora ?
jup z msh burhan atau sudah jup new (31b) soalnya thn 2009 kan jup z lg masa transisi, kalo jup z burhan tidak filter oli kertasnya, tapi jup new kalo sudah 4 tahun sebenarnya sich sudah ndablek…. harus ganti demi kesehatan mtr.
Filter oli scorpio bisa tahan 5 tahunan bro.?
Wedeww.. .
Kalopun rajin d bersihin apa ga berkurang kualitas penyaringannya itu.
N250 sya setiap 5000km(2x service) ganti filter oli, cukup penting perannya nh filter oli.
Nice artikel bro, soalnya kadang ada biker yg ga tau ato malah g prnh ganti dri sejak baru motornya.
kondisi filter oli scorpio selalu cek dan bersihkan setiap 9ribu km,itu bisa makan waktu rata2 6 bulan pemakaian.
Nambah ilmu nich..thank info kang bro.
Ooo ngono toh ? jupiter z ku sing moto burhan…piye ? apike digenti opo ora kang ?
yen genti, sesuk aku mrono !
jup z burhan nggak perlu ganti filter oli,cukup dibersihkan filter strainernya saat sekalian bongkar kopling.
kang, kalo untuk motor matik, saringan olinya dibersihin tiap brp km?
itu posisi baut nya di samping atau bawah ya yg ada saringan olinya?
motor soul GT.
untuk soul gt,bersihkan setiap 5ribu km saja,posisinya di baut samping pakai sok 17.
terima kasih infonya…. sangat bermanfaat sekali…
Kang nvl saya udah 10rb km nih. Pas tggl satu tiket service gratisnya.
yang saya mau tanyakan, motor saya bawa ke beres untuk di service rutin.
Apakah pihak beres otomatis ngecek sekaligus mengganti filter oli tersebut atau saya musti bilang sendiri? n biayanya brp kira2 untuk nvl?
biasanya pihak mekanik menganjurkan untuk ganti filter udara dan air radiator untuk kilometer 10ribu,jika mekanik tidak menganjurkan ganti ada baiknya kang bro bilang ke mekanik untuk ganti filter olinya,harga filter oli 24ribu
mio sporty sebelah mana ya ganti filter olinya..
mio sporty pakai filter oli jenis kasa/strainer letaknya dibawah samping standar tengah.pakai kunci 17.
ada gambarnya ..ada patokan atau perkiraan kapan mesti ganti filternya..
Mas..numpang nanya.vixion ku akhir-akhir ini lampu depan kalau hidup kedip-kedip gitu mengikuti putaran mesin.harusnya khn vixion krn pakai arus dc cahaya lampunya stabil..ke beres katanya spul nya yg mnta ganti krn arus dari akinya masih stabil..apa mungkin fuel pump ny juga yg rusak?ciri2 fuel pump rusak gimana ya mas?sorry y oot,thx
untuk fuel pump rusak,biasanya saat jalan kondisi panas mtr mogok tapi berhenti sejenak hidup lagi,tarikan juga berubah.
untuk lampu depan kedip,bisa antara kiprok dan spul,minta di cek kiprok dulu sebelum ganti spul.
tiap 6 bulan sekali wajib ganti..
Kalau mio j waib gantinya berapa km kang ?
filter oli mio j pakai filter strainer(kawat) cukup dibersihkan saja jika rusak baru diganti)
klo filter oli soul gt…dmn letak na
Di sebelah kiri,pakai baut ukuran 17.
bagaimana dg filter oli skydrive kang?termasuk jenis apa? bagaimana perawatannya dan tiap berapa km harus ganti?,letaknya dimana?nuhun
Posisinya di sebelah kiri,dpn ttp cvt. Filter oli tipe kertas,sebaiknya ganti maksimal 10rb km
makasih kang,mo tanya lg nubie matic:-D
klo ganti oli itu sesuai anjuran buku manual apa sesuai anjuran pabrikan oli nya kang,klo anjuran buku manual lbh cepat kayaknya,ya?
ganti oli mesin sesuai anjuran ddari buku manual sj, anjuran pabrikan oli pasti rata diatas 3rb km bahkan sampai 10rb km,hanya untuk jaga image dan adu keunggulan dr masing2 produk.
kang skydrive saya 19rb an km,apa aja yg harus saya lakukan agar tidak menemui masalah dikemudian hari.cvt,vbelt,roller,kampas kopling,transmisi? maaf nubie
km 19rb perlu penegecekan bagian tranmisi/cvt. biasanya sdh perlu ganti v-belt dan roller. jk ganti v-belt bs sampai 25rb,tp dilihat jg dr segi pemakaian/cara pakai. jika mtr sering jln jauh/ kerja berat/beban berat maka roller dan v-belt cpt aus
makasih banyak kang
min ane mao nanya
kalo ganti filter untuk njmx 2013
stiap brpa kilo meter..?
maksimal 9ribu km
wah kmarin smpe hmpir lupa kang,, bru di 11 ribukm.an bru ganti tu filter oli…bru tau pas baca buku panduan, trnyata ada filter olinya.. Kalo filter udara di ganti tiap brapa km kang? Mtor ane new jupi z 2011, skarang km. Udh 15.900an. Trima kasih kang. Servis d’bres kdang bkin bngung kang, gak bisa lngsung ktemu mkaniknya, mw ngeloh ttang kda.an mtor ato tnya” gk bisa…
Help me
Jupiter z thn 2004 sy udah 1 thn mati(g pernah dipanasin) sma sekali g jln alias ndongkrok.skrng sy perbaiki dan bisa jln..tetapi waktu sy mnasin msin oli keluar dr selang pernapasan..bnyak sekali..keesokan harinya d bw jln..oli keluar lg dr selang pernapsan bnyak jg..kira2 ap permsalhanya MHON BANTUANYA
bisa kebanyakan oli saat ngisi, yg kedua selang pernafasan tersumbat letaknya di atas crankcase
Kang Jupiter. 2004 pake pompa oli g?klo filter oli pake g?ltak nya dmn?matursuwun
Pompa oli ada d kopling…filter jg da d kopling jg…tp filter oli yg straner
Kang sbgai istimasi.mau tnya sampean kn wong ngrti mtor harga
Noken as+temlar+klep+kampas koplng+plat kopling+ampas ganda+mangkok kmpas ganda..mtrswun
motor apa itu ?
Jupiter 2004
kalau honda fit new itu letak filter olinya dimana ya mas?
terima kasih
[…] Oleh karena itu filter oli wajib dicek kondisinya setiap 9ribu km, seperti yang sudah pernah saya bahas di 9.000 Km Waktunya Ganti Filter Oli. dan juga pernah saya bahas disini Cek Kondisi Filter Oli,Kotor Wajib Ganti. […]
Kang, mau tanya..
Emang pertamax bikin mesin cepet panas ya? Terus bikin tangki bensin cepat bocor?
Itu kata tmn2, sy punya vixion nvl, dr baru pake pertamax, mohon pencerahannya kang..
untuk cepat panas memang betul tapi nggak ada masalah, apalagi buat nvl.
justru sesuai pengalaman saya sendiri saya sudah pakai pertamax selama 9tahun di motor saya dan masih aman
kang aku punya jupiter mx tahun 2006, aku buta samasekali tentang mesin udah make hampir 9 tahun, biasanya tiap bulan cumann gani oli, servis karbu dan paling cuman servis ringan seperti kondisi ban, lmpu, gear, trus sekarang mx gk enak bngt tarikannya mohon pnjelasannya apa2 sj yg perlu diganti ?
bgus infonya….
mas saya kan ganti oli sama filter oli di bengkel, setelah di ganti bagian mesin yang dekat dengan pedal rem sama pedal persneleng baru jalan sekitar 15kiloan uda panas, dan tarikan terasa berat, boleh saya tau gak kok bisa gitu..??
wooohh…iyo, wayahe ganti ki envilan
klo xeon rc ada filter oli gak?
kang ari apa penyebab mesin gampang panas ?
padahal jarak tempuh 9 kl ,mesin panas puol..
mohon pencerahannya…
Oli nggak cocok, setelan klep rapet, setingan irit.
Klo motor pakai radiator, bisa kipas radiator macet, kipas pompa air radiator aus, termostat rusak
Jdi klw seandainya sya ganti filter udh ngk ad bunyi kletek lg ya mas
Buat motor scorpio
filter oli tidak berpengaruh ke bunyi, filter hanya sebagai penyaring oli saja
kang jup burhan ada vilter oli gak? kata beres g ada.
mator swon.
, ada, tipe kawat, tapi bersihkan kalau pas bongkar kopling saja
Kang, kalau ganti oli mio sendiri lewat samping (tempat filter oli) boleh gak kang?
Atau lebih baik lewat pembuangan bawah?
Suwun.
boleh sama saja
Kang, byson saya udah 3 thun lebih dan blum pernah ganti filter oli…
Jarak tempuh sudah 53.000km..
Itu gimana Kang???