jump to navigation

Trik Pasang Saklar Lampu Jupiter Z1 30/04/2013

Posted by Kang ari in OTOMOTIF.
trackback

pizap.com13672468429101

 

Kang ari sudah nemuin caranya matiin lampu AHO di jupiter z1 yang aman kang bro,subtitusi saklar kiri shogun tepatnya saklar lampu jauh-deketnya.Banyak yang kang temuin pakai saklar biasa dan hasilnya memang rapi tapi paling cuma bertahan 2-3 minggu saklar sudah rusak karena kualitas yang jelek,pasti beda jika pakai saklar pabrikan yang sudah dijamin kualitasnya,lalu bagaimana caranya ?

P1050499

comot saklar kiri shogun harganya cuma 20ribu

P1050488

Siapkan saklar shogunnya,kabel 15cm 2pcs,lem aduk (dexton),solder dan tenol(timah solder).Kemudian lepas saklar kanan jupiter z1 lalu dicoak seukuran saklar shogun,hati2 kang biar rapi nglubanginnya pakai solder saja.

P1050486

 

Jika sudah dicoak sesuai ukuran saklar shogun kemudian tepian lubang dirapiin pakai cutter,jika sudah rapi kemudian pasang saklarnya.Di terminal kabel saklar shogun ada plastik putihnya,plastk putih tersebut di sobek/coak seperti gambar dibawah :

P1050492

 

Jika sudah terlihat terminal kabelnya,lanjut proses pemasangan kabel di saklar shogun.Di terminal shogun ada 3 terminal tembaga,kabel dipasang/disolder pada terminal yang tengah dan salah satu terminal yang yang di sisi pinggir,lihat gambar dibawah :

P1050496

 

Setelah sudah tersambung,aduk lem besi(dexton) secukupnya untuk menutupi kabel/terminal yang tadi disolder(lihat gambar dibawah.kenapa menutupi sambungan kabel harus pakai lem ? jika pakai solai/selotip tidak bisa menutupi sempurna karena tidak bisa dililit.

P1050497

 

Jika sudah kering lanjut bagian luar saklar terlihat ada celahnya.Tutupi celah tersebut pakai lem aduk juga,yang rapi kang bro nambal pakai lemnya agar terlihat tidak seperti dilem(rapi).Lihat gambar bawah :

P1050490P1050491

 

Lanjut jika lem sudah kering ( 5 menit lem sudah kering),Kabel dari saklar shogun disambungkan ke kabel hitam di headlight ( soket kabel hitam dilepas kemudian kedua kabel hitam tersebut disambungkan ke kedua kabel dari saklar shogun).Intinya mutusin arus lampu dari kabel massa agar tidak merusak rangkaian kabel motor agar garansi tidak gugur.Tapi pasang saklar ini untuk lampu senja dan lampu senja belakang masih tetap nyala.

P1050498

 

Silahkan dicoba…

Komentar»

1. orong-orong - 30/04/2013

kenapa sih harus aho semua pabrikan?
http://sarikurnia980.wordpress.com/

2. Oi_Rebel - 30/04/2013

ada yg pake saklar on/off nya amplifier, dan tahan lama juga kang…

3. chuphez - 30/04/2013

:-B

4. malambora - 30/04/2013

Kalau utk mio j teen apa sama kang caranya?

Kang Ari - 30/04/2013
5. L10NEL - 30/04/2013

kabel lampu’e yg sblah mana kang???

Kang Ari - 30/04/2013

kabel massa warna hitsm di soket bohlam

6. oa79 - 30/04/2013

Ini dia artikel menarik yg ditunggu-tunggu akhirnya nongol juga..HATUR NUHUN Kang Ari..

7. kadalaspal - 30/04/2013

bengkelmu nek endi to kang?

Kang Ari - 30/04/2013

bintaro-tangerang kang, awakmu nendi ?

8. arifin - 30/04/2013

kang,masang kya gni di beres dilayani gk? Mw psang bwt nvl nieh…

ariblogmotor - 30/04/2013

dilayani kang,kang ari dah sering banget ngrubah saklar semua AHO

9. Ujang Nurdin - 30/04/2013

Pabrikan mentiadakan saklar on off untuk menekan harga. Dg alasan aturan pemerintah. Jd kalo konsumen mau pasang saklar on off ya beli, pasang & biaya sendiri.

oia, pake saklar ampli, bisa awet, asal pake relay. Jd beban saklar ga terlalu berat.

kang Ari aku mau nanya, apakah motor2 yg sekarang yg Aho, kalo pake saklar kalo lampu dimatiin, apakah bisa oper carger terhadap aki ga? Trmksh

ariblogmotor - 30/04/2013

nggak akan over charge kang,justru untuk yg lampunya DC akinya nggak cepet tekor.

10. Ujang Nurdin - 30/04/2013

Oh., gitu. Kirain motor yg Aho pengisiannya udh di tinggin arus nya

11. deniboshter - 30/04/2013

artikel sg tak tunggu tunggu mas ari…atene langsung tak praktekne mas….

Kang Ari - 30/04/2013

sip kang… gampang kok

12. ninja 250 fi lover - 30/04/2013

saklar mtr lain gk bs kang?

13. ahmadfaisolat - 01/05/2013

assalamualaikum, Kang Ari, saya hadir lagi nih :mrgreen:

biasa, mau tanya 😀

suatu hari saya pernah coba naik new jupiter MX. MX tsb punya fitur kalau seinnya dinyalakan, akan keluar bunyi tiit tiit tiit… wah, saya takjub sekali :mrgreen:

menurut saya, fitur itu sangat membantu sekali. terutama buat saya, buat ngingetin kalau seinnya menyala. soalnya saya kadang lupa matiin sein kalau habis belok, hehe

nah, kira2, bisa ngga kalau fitur itu disematkan ke motor yamaha lainnya?

matur nuwun

ariblogmotor - 01/05/2013

itu fitur milik motor FIZ R kang,bisa tinggal beli relay saja di beres,klo nggak ada minta di orderin

14. aryoe - 04/05/2013

tanya sedikit kang ari….. saya udah pernah coba putus kabel masa lampu…. tp pada unit jupiter zx/ vega zr.al hasil, jika kondisi motor panas malah tidak mau dimatikan dari kontak alias motor hidup terust dan mesin motor baru mati ketika saklar lampu juga saya matikan.ga tau dari mana penyebabnya lampu masih normal/nyala semua….. apa dijup z1 aman / tidak kejadian seperti yg saya alami….
kalo sekarang untuk unit Z1 saya sarankan pake saklar lampu utama punya suzuki smas lama/honda supra fit/refo lama.memang sedikit menonjol tp lebih nyaman dan lampu senja jg bisa dinyalakan/dimatikan terpisah dngn lampu utama.

ariblogmotor - 04/05/2013

slama ini nggak ada masalh kang,mungkin motore wong serang kakean resep seko dukun,,,xixixixixi piiis

15. Albertus Christy - 15/05/2013

Kang Ari mau tanya ni..
Kalau mau pasang saklar lampu utama Supra X Helm In dikasih punya Absolute Revo bisa gak ya?
Soalnya saya buka batok punya Absolute Revo trs lepas saklarnya ternyata ada dudukannya sendiri..
Memang dikasih saklar lampu Dim bisa tapi kurang rapi soalnya kalau dikasih saklar Absolute Revo kayaknya serasi gitu sama tombol kelaksonnya karena rumah swtichnya sama bentuknya.
Tapi yang jadi masalah kayaknya harus ada dudukannya sendiri karena itu saklar bawahnya berlekuk2.
Ya mungkin bisa dilem, tapi klo dilem sifatnya paten jadi klo suatu saat saklarnya rusak gantinya ribet.. >_<
Ada solusi gak mas?

ariblogmotor - 15/05/2013

bisa tapi itu tadi bikin dudukannya,tapi mau gimana lagi,harus bikin dudukan.

Albertus Christy - 15/05/2013

Klo minta tolong bikin dudukan di bengkel resmi bisa gak kang?
Apa klo enggak bengkel resminya menyediakan nggak ya?
Jgn2 klo minta tolong dipasangin saklar di bengkel resmi langsung dilem aja? >_<

ariblogmotor - 15/05/2013

bisa kang,bengkel resmi nggakakan kaku,mekanik beres pasti menyesuaiakan terhadap keinginan konsumen.asal jangan yg terlalu aneh2.

Albertus Christy - 16/05/2013

O..gt ya..
Sip sip sip…

Klo buat pasang kunci rahasia kang, gimana bisa gak?
Terus klo mau tambah saklar dan aksesoris lain gimana, contohnya memberi saklar sein tambahan (di tebeng), lampu indikator aki (di tebeng), dan kunci rahasia (di tebeng)..
Jadi intinya kita beli saklar di beres, tapi kegunaan gak sesuai standar gitu deh…

ariblogmotor - 16/05/2013

di beres pasti dilayani kang,beres nggak akan kaku kerja harus sesuai anjuran pabrikan maksudnya yg selain SOP. prinsip mknk kerja yg penting sudah sesuai SOP pabrikan,jika ada tambahan sah2 saja

Albertus Christy - 16/05/2013

O..gt tah..
Sip sip sip…
Mksh Kang Ari… (y)

16. kris - 20/05/2013

mas saya punya mio gt, lampu depannya nyala. Terus saya bawa kebengkel , waktu dibengkel sama mekaniknya matiin lampunya kog caranya gak sama dgn punya kang Ari??? jadi bingung saya. Saya liat dia mutusin kabelnya dari regulatornya kang, apa gak berbahaya untuk motor saya?

ariblogmotor - 20/05/2013

waduh,bukannya kang ari ngejelekin itu mekanik,tapi kalo musin dari kabel regulator/kiprok sangat beresiko terhadap kelistrikan,karena di kiprok tegangannya besar dan mudah konslet jika sambungan kabelnya tidak baik.klo bisa jgn lewat kiprok.Sudah terlanjur dipotong juga ya…kabelnya,tapi lebih baik dipindah daripada dikemudian hari jadi masalah.

17. Mujib - 06/06/2013

Mas ari, numpang tanya nih. kalau bkin saklar jupiter z1, pakai jupiter z115 yang tahun 2010 bisa nggak ya? sekilas saya lihat bentuk switchnya hampir sama (akibat ngelihat jupiter z 2010 masih ada saklar headlampnya) mohoh pencerahan.

ariblogmotor - 07/06/2013

beda kang,nggak bisa.

Mujib - 07/06/2013

wah.. kecewa deh. hehehe. kalau bengkel resmi, mereka mau nggak ya nambahin saklar begitu?
saya agak risih juga kalau pakai AHO ini.

18. ananda dwi - 24/10/2013

apakah arus lampu utama harus diganti DC terlebih dahulu??? setahu saya lampu utama berarus AC…

aripitstop - 30/10/2013

tdk perlu.

19. Pasang Saklar Matiin Lampu AHO Motor Yamaha FORCE | - 04/01/2014

[…] Trik Pasang Saklar Lampu Jupiter Z1 […]

20. kal A - 11/01/2014

untuk matiin lamp belakangnya gimana ya kang?

aripitstop - 11/01/2014

siapin kabel 1.5m putus kabel biru dilampu belakang kemudian disambungkan jadi satu disaklar baru

21. eko haryono - 22/01/2014

Pagi kang ari. Saya eko sby. Sudah saya coba, tapi kok lampu indikator biru buat lampu jauh nyala terus. Apakah normal kang? Kalau surabaya pasang led dimana? Suwun kang.

aripitstop - 22/01/2014

salah pasang itu….
g tau daerah surabya je…

eko haryono - 27/01/2014

Lha salah yg mana kang? Ada 3, kiri, tengah, kanan. Dipasang tengah dan kiri. Sy bolak balik, tengah dan kanan juga sama. Saklar baru, atau saklar rusak? Ada pilihan saklar lain kang? Makasih buanyak kang.

rayfa - 13/05/2014

iya kang arif,saya juga ngalami seperti itu,kabel dah dibolak balik tetap sama hasilnya…

22. eko haryono - 07/02/2014

Siang kang, bisa gak kalau mau pasang lampu pas dim? Dan lampu hasard? Makasih kang?

aripitstop - 07/02/2014

mtr apa tuch

23. jamal - 24/02/2014

Kang Ari ” kan katanya cuman lampu depan saja yang mati ,sementara lampu senja depan belakang tidak mati, memang tidak bisa semua ya kang ?

24. evancode - 15/04/2014

Mas, bongkar kap lampu depan gimana yah?
Udah lepas semua baut tapi susah lepasnya, takut malah patah.
Thx

aripitstop - 15/04/2014

Dasinya dilepas dulu, baru batok depannya

aripitstop - 15/04/2014

Lepas dasi yg tengah dulu, caranya pastikan baut terlepas semua, untyk lbh mudah lpas juga spion knn-kiri, kemudian tarik kedepan bagian dasinya dulu, setelah dasi terlepas baru lepas batok kplnya

evancode - 15/04/2014

Dasi itu yg bautnya ada 2 kanan kiri lampu yah? Sori mas saya kurang jelas, dasinya kan gak ada bautnya, itu setelah bautnya dilepas tinggal tarik aja dari plastik yg bautnya dilepas itu yah?

aripitstop - 15/04/2014

iya dasi ada dua baut.. setelah itu lepas dasinya, posisibadan di depan motor saling hadapan lalu tarik dasi dari kebelakang ke atas.

evancode - 15/04/2014

Oke mas Ari. Udah bisa bongkar nih.
Oh ya ternyata ada 4 baut, 2 diatas deket spion, 2 lagi disamping lampu.
Thx yah

25. bartholomeus luden - 20/04/2014

mas,, z mw nanya ni,,,
z pernah liat jupiter z1 pke saklar yamaha…
mw nanya ni mas,, bisah ngk beli sklar mx atw mio lawas,, bru preteli sedikit,,,jd yg di ambil cuman saklar lampu sj??
jd misalx ada 3 kabel,,,di smbung kmna smua ?? sklian matiin lampu senja sma belakang

aripitstop - 20/04/2014

G bisa…jeroannya itu yg susah aplikasinya

26. bartholomeus luden - 02/05/2014

klo pake saklar suzuki yh 3 titik mas,,, jd lain untuk lampu utama lain jg untuk lampu senja,,,
jd bish hanya lampu senja yg di kasih nyalah tp lampu utama tetap mati,,,
klo bisah gimana cra smbungx

27. rayfa - 13/05/2014

mas ari,sy barusan nyoba cara diatas,tp ada yg aneh,saat lampu mati karena kabel masa diputus dari saklar tambahan,tapi begitu saklar lampu jauh dekat bawaan diposisikan pada posisi lampu dekat,eh indikator lampu jauh malah menyala,trus ada semacam perubahan suara mesin jadi lebih tinggi,gimana nih mas???bingung mode on 😦

aripitstop - 13/05/2014

Resistan saklarnya kurang besar, ganti saklar yg lbh bgs/besar, atau jgn putusin massa. Putusin kbl lampu saja

28. rayfa - 13/05/2014

maaaaaaf banget,mungkin saya bawel ya mas,nanya melulu…saklar yg dipake malah 16A mas,saya cenderung ingin memakai kabel negatif aja karena tinggal copot sambungan dengan bohlam lampu depan….tp ya itu tadi,udah nyoba dan sukses mati,eh lampu indikator jauh malah menyala….maaaf banget mas…..kalo dekat sih mau langsung aja ke mas ari,takut mas kalo make kabel positif,soalnya ni motor baru sebulan….

aripitstop - 13/05/2014

Coba ganti saklarnya, kalo ganti saklar masih ada kendala seperti itu, diputus lewat kabel setrum lampu saja di soket saklar kiri, lepas kabel warna kuning yg nyambung warna biru.

29. rayfa - 14/05/2014

setelah mencoba2,ada cara yg ampuh kang,lepas kabel positif sumber arus yg menuju saklar lampu jauh dekat (biru strip hitam) ,buatin soket tambahan(kabel dan solderan asli pabrik utuh)……beres.ane bikin dudukan saklar pemutus AHO di RAK/bagasi depan jadi ga perlu melubangi bodi,mau balik ke standar tinggal lepas soket buatan tanpa merusak kabel asli

aripitstop - 14/05/2014

Jos

rayfa - 14/05/2014

tp ada yg aneh nih kang,suara mesin ko sepertinya jadi tinggi/langsamnya kenceng/rpm nya naik, normal kah?tp kalo lampu dinyalain,suara mesin balik seperti awal diterima dr dealer,kemudian apa bener motor baru akan disetel langsam setelah servis ke 4?

aripitstop - 14/05/2014

memang langsamnya tinggi 1400-1500 rpm ukuran normal. jika rpm diturunkan maka akan mempengaruhi pasokan tegangan listrik dari spul ke aki.

30. indra - 15/03/2015

Kang aku udh pasang seperti contoh, tetapi pada saat posisi saklar off kenapa ya lampu panel jarak jauh yg di ampere nyala, bagaimana cara mengatasinya kang?

31. Mas imunk - 21/04/2015

Kang,mohon pencerahaan untuk pemasangan saklar lampu new honda blade gimana y?penginnya pke saklar absolute revo.Kabel yg di putus ke saklar,warna ap aj y?Suwun

32. wahat setyawan - 29/04/2015

kalo aq pake relay mobil gan… cuman modal 25 rb..
udah 7 bulan blas ga afa kendala… bahan :
– relay BOSCH / HELLA ( yang kakinya 4 ) 20 rb
– fuse 10 A 1rb
– saklar power amplifier yg kotak kecil 3rb

triknya srderhana :
1. potong kabel yg dari kiprok ke saklar lampu hi/ lo
2. sambung ke relay td :
30 : yg dari kiprok
87 : yg ke saklar hi/lo
86 : kontak on
85 : arus negatif ( – )
3. nah arus negatif td yg aq saklar pake saklar power ampli…
4. bikin dudukan saklarnya
5. rapikan kabel2 nya…

slamat mencoba smg membantu… 🙂 🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: