Tips Perawatan Shockbreker 18/04/2013
Posted by ARIPITSTOP in OTOMOTIF.trackback
Kang bro pastinya sudah tahu Shockbreaker merupakan salah satu elemen penting dari sepeda motor. Fungsi shockbreaker itu sendiri adalah untuk meredam kejut atau getaran saat berkendara, khususnya ketika di jalan yang permukaannya tidak rata. Biasanya fungsi shockbreaker dapat dirasakan saat menikung dan pengereman.
Biar kang bro bisa merasakan kenyamanan saat mengendarai sepeda motor ada baiknya untuk menjaga dan merawat shockbreaker . Berikut ini beberapa tips dan cara yang dapat dicoba untuk memelihara shockbreaker agar awet dan tidak cepat rusak.
Pertama, perhatikan bagian tabung silinder shock depan (stanchion) jika kotor atau habis kehujanan dibersihkan dengan menggunakan air biasa setelah itu keringkan dengan menggunakan lap yang bersih hingga benar-benar kering.
Kedua, setelah benar-benar kering kang bro berikan minyak finish line tipe wet di sekeliling karet stanchion. Perhatikan ketika mengoleskannya, harus perlahan dan hati-hati.
Ketiga, setelah dioleskan minyak maka lakukan penekanan pada shockbreaker. Ini fungsinya agar minyak yang sudah dioleskan itu akan naik mengikuti tingginya shock.
Keempat, setelah itu jika ada sisa minyak yang berceceran di sekeliling shockbreaker maka kang bro harus membersihkannya. Caranya yakni cuci sisa minyak yang ada dengan air atau bensin dengan menggunakan kuas atau lap. Setelah itu kembali keringkan sampai benar-benar kering.Jika tidak menggunakan minyak finish line tidak masalah asalkan jika batang sok kotor langsung dibersihkan agar kotoran/debu tidak masuk ke celah sil sok yang bisa mengakibatkan sil sok bocor dan batang sok lecet/baret.
Kelima,jika pasang kunci pengaman roda depan yang di jepit di tabung sok depan hati2 saat pemasangannya karena jika terlalu torsi pengencangannya kelebihan,tabung sok jadi menciut dan menjepit batang sok.Batang sok jadi cepat lecet bahkan ayunannya jadi keras.
Keenam, untuk sok belakang tidak dianjurkan sekali untuk menambahkan anting-anting shock, baik untuk menambah tinggi posisi atau sekedar untuk gaya. Karena fungsi kerja shockbreaker akan terganggu atau sama sekali tidak akan berfungsi, dan membuat fungsinya berjalan kurang baik.
Langkah tersebut terlihat biasa saja, tapi efeknya besar. Karena akan berpengaruh pada umur shockbreaker. Jika ayunan sok terasa sudah aneh maka segeralah kang bro ganti oli soknya,biasanya motor umur 2-3 tahun oli soknya sudah encer dan daya redamnya berkurang.
siiiiiiiiiiiiiiiiiiip, nice inpoh
anjurannya biasanya gimana gan? 1 tahun/2tahun/3tahun/ gimana waktu bersihinnya?
2-3thn ganti oli sok depan. bersihin inner tube/batang sok dilepas dari tabung soknya,dianjurkan ganti sil soknya sekalina biar nggak bocor setelah dipasang batang soknya.
mantap tipsnya…
http://trexton.wordpress.com/
kang ari………..
kasih tips buat ngempukin shock soul gt donk……
sok depan pa blakang?
ane juga pake soul GT,
ngempukin shock depan ama belakang bro, tips nya apa ya?
klo sok blakang sebenarnya sudah paling empuk untuk mtr matic yamaha,klo mau lebih empuk bisa pk sok beat karbu,tapi warnanya nggak mecing. kalo sok depan bisa dikurangi oli soknya 5ml saja
Mantap tipsnya..
sip,pham kang!trs,utk shokbreker blkng gmn?apa sm proses perawatannya?trs,yamalube oil front fork,hny khusus shock dpn ya kang?
sm prawatannya sama sok depan, yamalube oi front fork khusus depan…klo blakang rusak pa sudah keras ….ganti baru klo di suntik nggak bertahan lama
hal yang sering dilupakan padahal shock adalah peranti kenyamanan dan keamanan dalam berkendara
https://panjidananjaya.wordpress.com/2013/04/17/r15v1-yang-tetep-oke/
siiipp…
Wah intuk ilmu maneh..
wah ane seneng bgt klo mampir ke warungnya kang ari ini…bisa nmbah ilmu…maklum kang waktu ane sekolah smk dlu ane kuarang merhatiin apa pelajaran dr pak guru skrg ane jadi n
yesel dah he h eh eh
kang Ari, mau tanya nih. Supra x 125 helm-in setelan angin nya gimana ya yg pas…?
Terima kasih sebelum nya…
tergantung sudah dirubah spuyer apa belum,jika masih standar belum ada rubahan,stelan angin bisa di setel 2-2,5putaran
makasih Kang, atas info nya semoga tambah sukses…
mas,mau tny.apa shockbreker blkng NVL bs subtitusi pny byson?klo bisa,apa langsung pnp?
nggak bisa kang,kang arisudah pernah coba2 bandingkan,nggak bisa masuk
SHOCK BREAKER belakang Motor anda RUSAK BOCOR AUS MATI NJEDOK2 AMBLES KERAS
GAK JAMANNYA SKOK SUNTIK2 AN
GANTI TABUNG AS DALAMnya AJ BARANG BARU ORI KWALITAS 1 IMPORT
CUKUP MINDAH PER nya SAJA BERES SHOCK JADI BARU LAGI
Honda
1- Prima, Grand , Kirana , Legenda ===> 65 rb/set
2- Supra X 125 , Revo 2008, Karisma ===> 70 rb/set
3- Beat lama , Vario tecno lama ===> 50 rb
4- Beat Fi , Vario PGM Fi 125 ===> 55 rb
5- GL MAX PRO MP TIGER VERSA ===> 145 rb/set 6- Abs Revo, Blade , New Supra X 2014 ==> 95
Yamaha
1- Vega R , Fiz ,Alfa , Cripton , Jupiter Lama ===> 65 rb/set
2- Mio , Soul , Xeon ===> 50 rb
3- Vega R New , Jupiter Z ===> 65 rb/set
4- Vega ZR , Vega RR , Jupiter Z New ===> 70 rb/set
5. Jupiter MX ===> 150 rb
Suzuki
1- Shogun R 110, Smash 110 ===> 65 rb/set
2- Shogun R 125 ===> 95 rb/set
3- Shogun New CW , Smash New 110 , Titan ===> 95 rb/set
4- Spin , Nex ===> 55 rb
5. Satria FU ===> 200rb
UNTUK BENGKEL HARGA LEBIH MURAH GARANSI 6 BULAN PENGIRIMAN LANGSUNG DARI SURABAYA-JATIM
Stand 1 Lampu merah ke 2 jl Adityawarman( setelah KFC dan lab PRAMITHA area KODAM SURABAYA) tiap hari jm 09- 4 SORE SBTU-MGU BUKA
Stand 2 Perum Kahuripan Nirwana Blok Ca9-58 sdoarjo BUKA TIAP HARI jam 3-8 malam SABTU-MGU TUTUP
Luar kota luar pulau kirim via paket JNE PT POS dll
fast respons
===0857==3019==3167 BBM 587F5DF8
KUNJUNGI fb udrochmanjaya99