jump to navigation

Tips Merawat Motor Matic Agar Motor Tetap Fit,,, 27/03/2013

Posted by ARIPITSTOP in OTOMOTIF.
trackback

Kang bro,,,,,,,,Mesin skuter matik sama dengan mesin sepeda motor pada umumnya. Yang membedakannya adalah teknologi dan cara kerja transmisinya, skutik mengaplikasi transmisi otomatis (CVT). Karena menggunakan teknologi transmisi otomatis, skutik membutuhkan perawatan ekstra. Berikut beberapa tips untuk merawat skutik kang bro:

download (1)
1.Sebelum motor dijalankan, panaskan mesin terlebih dahulu dengan menggunakan choke. Tapi beberapa skuter matic saat ini sudah menggunakan choke otomatis. Biarkan mesin hidup maksimal 5 menit agar sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak.
2. Cek kondisi busi dan aki secara teratur. Peran busi dan aki sangatlah penting, karena motor matik merupakan motor full DC.
3. Kondisi V-Belt dan roller juga harus selalu dicek. V-Belt yang letaknya di samping roda, sebaiknya rutin diservice tiap 10.000 km dan diganti tiap 25.000 km.

images download

4. Bersihkan ruang transmisi (CVT ) secara berkala tiap 4000 km, karena komponen CVT yang terdapat pada ruang transmisi sangat rentan debu dan kotoran lainnya.
5. Lakukan penggantian gear oil setiap 5000 km atau sesuai dengan petunjuk penggunaan kendaraan. Gunakan pelumas atau oli transmisi khusus matik.
6. Fungsi oli sebagai pelumas komponen-komponen mesin juga harus diperhatikan. Ganti oli secara berkala tiap 1.000 km, dengan menggunakan oli khusus motor matik, bukan sembarang oli.Pelumas khusus matik mampu bekerja secara maksimal ke seluruh permukaan komponen yang ada di dalam mesin skutik. Serta mampu mengurangi gesekan dan oksidasi yang terjadi dalam mesin.
7. Untuk motor matik yang sudah injeksi sebaiknya lakukan service injeksi setiap 10.000 km.Tetapi untuk motor matik honda dan suzuki untuk saat ini belum tersedia alat untuk service injeksi beat fi dan konco2nya.

images (11)

Kang bro,,, smoga tips diatas bisa berguna bagi kang bro semua biar motor tetep tokcer saat di naikin,,,, anggep wae bojo loro kang bro,,,,wkwkwkwk kalo punya bojo loro pasti dirawat to,,,,,eman2,,,,

Komentar»

1. rpm-speed - 26/03/2013

wah… tips tips nya bisa bikin bengkel motor rame terus tiap hari..hehehe….

Kang Ari - 26/03/2013

alhmdllh,,,,,,, bagi2 rejeki

2. yamaha12 - 26/03/2013

juuuooos

3. koboy - 27/03/2013

artikel2 kang ari slalu bermanfaat,,

4. zaenal - 27/03/2013

sip gan,,,mtr gw dah 1thn g servis cvt,,,biayanya brp kang?

Kang Ari - 27/03/2013

jasanya sekitar 35ribu,,,tergantung nanti apa ada kerusakan atau part yang aus,,,biasanya roller yg cpt aus,,harganya sekitar 48ribu buat mio

5. balap 46 - 27/03/2013

kang kalo servis injeksi mio j biayanya brp?

Kang Ari - 27/03/2013

di jabodetabek sktr 40-50ribu,,

6. dodi nvl - 27/03/2013

artikel kang ari mantep2,,,sll bermanfaat

7. widayuasqa - 27/03/2013

Mas Ari, saya mau tanya nih..
Kalau motor matic bagian cvt or transmisinya bunyi itu kenapa ya kira2 ?
Kemarin abis kebanjiran, trus dah ganti oli msin dan oli transmisi, ganti filter udara, bersihkan cvt tp kok masih ada bunyi seperti ngiiiiiiiiinggggg saat di gas, kalau g di gas g ada bunyi ngiiiiiiiiiing. Kira2 kenapa ya…?

Oh iya, kemaren juga pas saya bawa naik tanjakan, dia jd g kuat, padahal berat saya cuma 60 kg. Tp pas motor nya saya tuntun, sambil di betot gas, eh jalan.

Mohon pencerahan mazbro..

Kang Ari - 27/03/2013

itu bunyi dr rumah kopling,,triknya disini ” http://ariblogmotor.wordpress.com/2013/02/22/ada-suara-tikus-decit-di-motor-matic/ ”,,,kopling masih selip,,bagian cvt perlu di bongkar lagi terutama kampas kopling dan v-belt kang ari sarankan di ganti,,

Kang Ari - 27/03/2013
widayuasqa - 29/03/2013

Makasih akang..

widayuasqa - 29/03/2013

Mas Ari sorry OOT. Vixion saya kalau pas shifting gear kok keras ya. Bunyi nya juga keras. Terus Rpm tinggi ada suara ngelitik(di atas 5000). Kira2 kenapa ya…
Mohon bantuannya..

kang ari - 29/03/2013

sek kondisi setelan rantai,,,rantai aus jg ngaruh,,
rpm tinggi nglitik,,,cb stel klep bro,,, in 0,12 ex 0,15,kondisi tensioner sdh letoy jg ngaruh,,

widayuasqa - 29/03/2013

Okok, di test dulu akang..

8. ninja 250 fi lover - 05/04/2013

kang,mtrq mio j.kq hbs dicuci lampu MIL nyala ya?sdh tak bwa ke beres tpi stlh dicuci,kumat lagi.kjdian tsb brlngsung 3x.tlg bantuannya

Kang Ari - 05/04/2013

ada kemungkinan sensor speed speedometer terganggu,letaknya di roda depan,,, roda depan di bongkar lalu gerboknya/speed sensor di bersihkan pakai bensin,cek cuga kabel speedometer apakah kendor,,karena jika kendor atau kabel speedometer putus lampu MIL akan nyala

9. ninja 250 fi lover - 05/04/2013

ok sya coba.thx kang

10. V-BELT Putus Karena Kurang Perawatan | ARI BLOG MOTOR - 15/04/2013

[…] v-belt putus,langsung saja kang ari bongkar cvt-nya,weleh2,,,,, v-belt rontok.Kang pernah bahas Tips Merawat Motor Matic Agar Motor Tetap Fit,,,. Lach,,,ini dia hasilnya jika motor matic kang bro jika kurang perawatan terutama bagian […]

11. pucuq - 16/04/2013

Kalo servis rutin sesuai di bukui panduan servis, semua perawatan yg dibutuhkan dikerjakan ga oleh mekaniknya ya? Atau kita nanya ke mekaniknya ∂p∂ aj yg dikerjakan ketika servis?

Kang Ari - 03/05/2013

semua dikerjakan sesuai SOP masing2 pabrikan kang,

12. ninja 250 fi lover - 03/05/2013

kang,klo membersihkan area cvt,apa cuma skedar di semprot angin kompresor aja?trs pelaksanaanya pd wkt srvs rutin,apakah biayanya tersendiri dgn biaya srvs rutin kang?

Kang Ari - 03/05/2013

servis cvt selain dibersihkan semua part2nya,harus ada penggantian gemuk/greas cvt-nya.
biayanya beda kang,service rutin sendiri service cvt beda lagi

ninja 250 fi lover - 03/05/2013

biaya srvs cvtnya sktr brp ya kang?apa blh srvs cvt tiap 10rb km?kira2 msh aman gk?(sran kang ari di atas 4rb km).sma 1 lg kang,ap bnr v belt it bs disetel lyknya rntai?jd kl melur msh bs dikencengin.stau ane,pke belt dressing ya kang?

ariblogmotor - 03/05/2013

biayanya rata2 35ribu,service cvt justru disarankan paling lama tiap 6bulan atau 10ribu km agar kondisi part di cvt slalu terkontrol.
semua v-belt tdk bisa di stel,jika sudah mulai aus maka akan semakin mulur/panjang dan menyebabkan tenaga jadi loyo.

13. ninja 250 fi lover - 03/05/2013

sip,suwun kang.

14. Akibat CVT Motor Matic Kurang Perawatan | ARI BLOG MOTOR - 04/05/2013

[…] Tips Merawat Motor Matic Agar Motor Tetap Fit,,,. […]

15. hendra - 07/05/2013

kang ari……aq pernah lhat di salah satu bloger,katanya cvt honda lbh awet dari cvt yamaha??
yamaha pke grease cvt,sdgkan honda tidak ada grease cvt

ariblogmotor - 07/05/2013

tergantung perawatan kang,jika mau mtr merkapa saja jika tidak ada perawatan pasti cepat rusak. untuk greas cvt fungsinya adalah sebagai pelumas part yang saling bergesekan agar tidak aus dan tidak timbuk brisik. coba dengarkan cvt yamaha dengan honda halus yg mana…
semua itu tergantung perawatannya kang.

16. Orangbiasaji - 08/05/2013

Infonya menarik … helpfull banget . makasih udah sharing mas 😉

17. solahuddin - 13/06/2013

Alhamdulillah membentu

18. interior rumah - 17/06/2013

terima kasih gan atas postingannya, sangat membantu. salam suses ya.

19. gc - 27/06/2013

thank you very much Sir
I am from malaysia
i use suzuki nex
thank you for this tips

the photos and illustration helps a lot
thank you internet

20. V-Belt Honda BeAT Wajib Ganti Maksimal 24.oooKM | ARI BLOG MOTOR - 27/06/2013

[…] dilakukan pengecekan CVT setiap 6000 km atau 6 bulan pemakaian,selebihnya bisa baca disini “ Tips Merawat Motor Matic Agar Motor Tetap Fit,,,. “. Jadi kang bro musti selalu cek dan rawat kondisi CVT agar motor tetap fit saat kita […]

21. sub rakit - 28/06/2013

kang ari mau ikut nanya juga nih,,kmaren aku bli honda beat (2010) terus aku coba hidupkan mesinya terdengar bunyi TAK TAK TAK TAK.itu knp kang ya…
satu lagi kang oli yang dipake itu oli apa aja kang maklum kang aku msh awam soal motor matic,,,
mksih kang atas waktunya,

ariblogmotor - 29/06/2013

bunyi tak2 hanya saat di starter atau setiap saat motor hidup.jika pd saat starter saja itu bunyi starter clutchnya,jika motor hidup selalu bunyi tak2,ada banyak kemungkinan bisa piston aus,stang piston oblak,noken as aus,dan bagian cvt juga bisa jika roller aus.
untuk oli ada 2 macem yaitu oli mesin dan oli gear,

AHM Oil MPX-2
(Spesifikasi SAE:10W-30, API:SJ, JASO:MB)
Diformulasikan oleh Honda R&D Japan dengan performa lubrikasi andal untuk melindungi sepeda motor Honda menjadi lebih irit namun bertenaga.
Sangat hemat dengan penggantian yang lebih lama dan sekaligus mengurangi dampak pencemaran lingkungan.
Memberikan daya lubrikasi sempurna untuk performa prima mesin sepeda motor Honda tipe kopling kering (skuter matik).

Oli transmisi
Merupakan oli transmisi untuk sepeda motor matik Honda. Transmission Gear Oil ini memiliki formulasi khusus dari Honda R&D Japan dengan keunggulan:
Memiliki tingkat gesek rendah.
Mampu melumasi celah tersempit pada Gear CVT.
Mampu menahan tekanan kerja & temperatur yang tinggi terhadap daya pelumasan.

Dengan formulasi tersebut, perpindahan gigi otomatis dapat tetap lembut dan lancar serta umur pakai unit CVT menjadi jauh lebih lama.

sub rakit - 06/07/2013

makasih banyak mas ari tas balasanya,,,mau nanya lagi ni mas ari.apakah oli mesin motor matik bisa dpakai ama motor biasa? trus kmaren aku service motorku itu mas n juga ngebetulin spido meter angka,coalnya angkanya g bisa pindah,,sharusnya angkanya pindah dari nol ke angka satu ato angka satu ke angka dua tp problemnya udah pindah dari angka nol keangka satu tp satu detik kmudian turun lagi keangka nol dan begitu terus berulang2 mas ari….trus kata mekaniknya harus diganti semua spido meternya.n kata kata mekaniknya juga harganya skitar 200 ribuan,karena g bw uang bnyak wktu itu akhirnya g aku gnti smpai sekarang,pertanyaanya apakah benar harus dganti semuanya n harganya segitu???
sblumnya mnta maaf mas udah ngrepotin mas ari..n mksih tas waktunya…
Sukses slalu mas Ari….!!!!

ariblogmotor - 06/07/2013

iya betul harus ganti speedometer assy,yg kang ari tahu sppedometer assy beat harganya 325ribu,untuk angkanya 180ribu
37200-KVY-960 SPEEDOMETER ASSY 325,000
37210-KVY-961 SPEEDOMETER COMP 180,000

22. Mudik Part 2,Persiapan Mudik Buat Motor Matic | ARI BLOG MOTOR - 20/07/2013

[…] Tips Merawat Motor Matic Agar Motor Tetap Fit,,,. […]

23. Fauzi - 06/08/2013

Kenapa ya kang skuter matik ane, distarter kagak bisa, aku starter palah bunyi det det det det det det, itu apa saja ya kang yang perlu diganti.

aripitstop - 07/08/2013

1.faktor aki soak
2.areng starter sudah habis,ganti areng starter
3.bendik/relay starter konslet

24. Eka S - 12/11/2013

Kang, mau nanya kalo Mio kan punya lubang Vbelt jadi bisa disemprot cairan pelumas vbelt, lha kalo honda beat fi kok gak ada lubangnya kang? tolong dikasih tau dimana lubang vbeltnya? ane terlanjur beli semprotan cairan vbelt eh kok gkada lubangnya ane jadi bingung dah.

25. aripitstop - 12/11/2013

Klo beat memang tdk ada lubangnya,jika mau semprot musti bk ttp cvt-nya.

26. Akibat Mengabaikan Pentingnya Service CVT,Roller Bisa Hancur | - 12/12/2013

[…] “https://aripitstop.wordpress.com/2013/05/04/akibat-cvt-motor-matic-kurang-perawatan/ “ . https://aripitstop.wordpress.com/2013/03/27/tips-merawat-motor-matic-agar-motor-tetap-fit/ . Sekarang saya coba ulas lagi akibatnya jika bagian part2 cvt kurang perawatan,seperti yang […]

27. widyakhuzaimah - 19/02/2014

bermanfaat gan.. thanks

28. wan her - 08/09/2014

…kang mio j bagusnya pake oli mesin apa ….jga oli buat tranmisinya….bingung banyak iklan nya…

29. n4z4rmln - 28/09/2014

Kang bro ARI honda beat f1 baru beli 2hri kecepataan di ats 40km mesin kq bunyi rrrrrr..Rrrrrr, apa itu berbahaya kang ari.

aripitstop - 29/09/2014

Bawa ke betes dulu ja minta dicek

30. slamet - 10/11/2014

Mau nanya kang ARI penggantian roller biasanya berapa km? n posisi roller dimana? mohon pencerahanya trim.

31. Jimbo - 09/12/2014

Kang Ari, gw punya beat, pengen naek stroke, ga mau geser big end, cukup pakai pen stroke. Kata mekanik nya, bahaya, bisa bikin jebol baut het. Sebenarnya naik stroke dengan pen stroke saja itu bahaya ga sih Kang? Klo berkenan bikinin dong artikelnya cara naek stroke dengan pen stroke, pake you tube hehehe. Nuhun sebelum dan sesudahnya

32. DmNc - 17/03/2015

mas, mau tanya klo kanvas kopling matic umumnya ganti di km brp? thx. btw motor sy Suzuki Hayate, km 26+++

33. modifikasi.co.id - 01/04/2015

Mantab mas tipsnya…
Joss banget , izin mempraktekan..

34. gio - 09/04/2016

Yamaha mio m3 kalo yg harus lebih di perhatikan yg terpenting


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: