Trik Akalin Pelampung Tangki 21/03/2013
Posted by ARIPITSTOP in OTOMOTIF.trackback
Karena indikator bensin di panel spidometer bermasalah,pasti tak sedikit dari kang bro yang ‘dikerjai’. Sebab, kondisi bensin di tangki sudah tak aktual. Bensin kosong, diinfokan penuh! Atau sebaliknya bensin penuh di infokan kosong.
Kejadian ini sempat dialami tetangga kang ari yang hampir tiap hari PP naik motor bintaro-sudirman. Kejadiannya saat berangkat ke sudirman-jakpus untuk bekerja, tiba-tiba motor Honda vario-nya mogok. Setelah dicek indikator bensin, masih setengah. Lalu, dicek pengapian di busi juga masih bagus.Sempat bingung juga, Tapi, ketika buka jok dan tutup tangki bahan bakar, ternyata bensin kosong.Setelah sampai dirumah,,,tetangga kang ari meminta tolong dicek kenapa indikator bensin masih setengah tapi aktual di tangki bensin sudah habis? Setelah kang ari cek ternyata pelampung tangkinya yang bermasalah.Dari pengalaman ini kang ari akan kasih tips cara mengatasi pelampung tangki yang sudah ngadat bisa kembali normal.
Ada tiga faktor indikator bensin tidak normal :pertama,aki soak parah,kedua,indikator di speedometer rusak,kalau yang ini musti ganti baru speedometer assy,,muaahal to kang,,,. Ketiga,kabel antara pelampung tangki ke speedometer putus dan yang terakhir dan yang paling sering terjadi karena pelampung tangki rusak.
Ada satu trik untuk mendeteksi kerusakan pelampung tangki,begini kang bro,,,siapkan kabel panjangnya 3cm lalu kedua ujung kabel di kupas agar terbuka serabut kabelnya.Kemudian lepas soket kabel di pelampung tangki,masukkan masing2 ujung kabel ke lubang soket (lihat Video) kemudian putar kunci kontak ke posisi ON,lihat jarum bensin speedometer jika naik terus ke posisi ‘’F’’ full,maka di pastikan pelampung tangki bermasalah,tapi jika jarum bensin speedometer tidak naik ada 2 kemungkinan yaitu kabel putus atau speedometer rusak,tapi hal ini sangat jarang terjadi.
Sekarang kang ari kasih trik gimana caranya ngatasin pelampung tangki ngadat,(lihat video bawah)begini kang bro,,,tadi kabel yang panjangnya 3cm kita ambil 3 – 4 pcs serabut kabelnya,kemudian kita lilitkan di ujung batang besi pelampung(lihat gambar).Kemudian kita tes,,masukan soket kabel bodi ke pelampung lalu putar kunci ke ON kita lihat posisi jarum bensin di speedometer sambil batang pelampung kita geser keatas,,,jika jarum pelampung bisa naik maka misi kita berhasil,,,jika belum bisa naik,,kita tambahkan lilitan kabel 1-2pcs lalu di tes lagi sampai berhasil.
Semoga bermanfaat buat kang bro semua,,,jadi ngirit 60-150ribuan,,,tips ini juga berlaku pada speedometer digital.
Jika ada yang sharing dan kasih tambahan info,,,monggo,,,,kang ari siap nampung dan kasih jawaban.Maturnuwun,,,
joss artikele
pertanyaane yang mogok vario pa bukan kok gambar n videone lambang garpu sendok semua kang?
la wong kejadiaanya dah 1mgguan nggak sempet di foto2,,,yo wes lach,,mtr kang ari buat praktek, tp intinya tips ini buat semua mtr,,,mau garputala,,,sayap terbang,,huruf s,dll,,, sip bro,,
oo bgitu to kang..ane baru baru paham skrg.
terima kasih mas atas tips nya, langsung saya praktekkan, soalnya sudah hampir 5 bulan jarum penunjuk bbm di jupiter z burhan saya error…artikel top, buatkan lagi artikel tentang tips2 buat sepeda motor entah tentang apa terserah yg penting bermanfaat !!!
Trik mantap..
o maksudny biar lebih kuat tekanan batang resistorny kali y kang?
betul sekali,,,,,, ”coz,,,uwes ora prawan”
wesss…akhirnya jadi juga, nggak sampe 10 menitan…ternyata cuma sepele heheee
slamet kang bro,,,,,jd mknk jg akhirnya
Sipp,nais share
nice info kang….indikator bensin keboku jg ngaco,mau saya praktekin tips di atas thanks
wah setelah hampir 6 tahun nemu juga solusinya, kejadian yang sama menimpa scorpio saya waktu itu pio saya baru berumur 3 bulan, jadi saya bawa ke beres yamaha sampai disana pelampung dibuka dan coba di test persis cara kang Ari ngetest, dan masalahnya ada pada tahanan gesernya, mereka coba membersihkannya tapi sayang tidak berhasil, karena masih dalam masa garansi saya coba claim garansi namun beres tersebut menyatakan bahwa utk pelampung tidak ada garansinya, ya udah saya terima apa adanya. Hari ini saya baca di blog ini tar hari minggu saat libur kerja mau praktekin. Terima kasih share ilmu yang sangat bermanfaat ini Kang Ari, mohon izin ilmunya saya terapkan di PIO saya….
monggo mas,,,
maaf mas mau ralat bukan hampir 6 tahun tapi lebih dari 6 tahun soalnya Pioku keluaran desember 2006
bs d coba kang,,jika blm berhasil bs konsultasi
Motor mega pro juga bisa ta kang? Soalnya tadi saya kebengkel itu pelampung di luar tangki udah di naik turunkan bisa .eh pas di pasang ke tangki kok ngga fungsi..
Mohon infonya. Makasi
Bisa, coba saja
Makasih Kang Ar (http://1.gravatar.com/avatar/dcb4f9233d86e7b4d5eb1a5aa48d7717?s=40&d=monsterid&r=G) atas infonya.. Tapi ada masalah dikit nih kang…
(kerusakan) Indikator bensin Full malah Tegang pol kang, ketika dicoba trik kang ari untuk pengetesan dah berhasil (cara2 yang kang ari beritahukan dah sesuai), tetapi ketika dipasang kembali ke tangki, balik lagi kang (indikator tetap full dan gak turun2).. Wadooh… Mumet aku kang.. gimana kang ? ada solusi ? (sebelumnya dah 2 kali ganti pelampung baru)
maaf kang.kalo seperti itu pelampung tangkinya sudah tdk bs diakali lg,mesti ganti baru,
wahh makasih kang 🙂 pas motor ane pelmpungnya error2 ni … di isi bensin tp suka naik ehh turun lg… jd was2 makenya kirain bensin abis…jd setiap brenti pasti buka jok utk cek…ribeet
TERIMA KASIH Akang 🙂
[…] Selain itu,Pastikan kondisi penerangan normal,lampu depan dan rem belakang,lampu sen dan lampu senja serta lampu speedometer,cek juga kondisi fuel meter,nggak lucu mudik kok kehabisan bensin. Trik Akalin Pelampung Tangki. […]
makasih kang infonya,…dan mau praktek ke mobil, masalahnya sama jarum spidometer erorr….mudah berhasil…
ada rangkaian indikator digital angka
makasih kang ari.. bisa tak coba nanti.. jupriterku masalah tuh indikator bensinnya
joss iki gan.
wah kebeneran nih vario 125 pas ngaco …. dcoba dulu yaaa om trik nya… tq…..sukses selalu ya om… berbagi ilmu
mkasih triknya, bermanfaat bgt. ga jadi ilang duit 100rb buat beli yang orsinil,
good articles
Tanya mas bro.. aku punya mio gt baru (beli agustus 2014), tp kok pada jarum penunjuk bensin dari F ke E turunnya cepet banget.. bahkan mentok ke paling bawah, padahal bensin kira-kira masih setengah tangki. Waktu service “wajib” ke yamaha aku tanyakan ke mekaniknya, jawabnya : gpp.. normal.. memang begitu. Gmn pendapat mas bro.. apa harus jg aku praktekan postingan mas bro di atas?
kang nanya lagi , klo , pas ngetesnya jarum fuel meternya rada lemot(pas pelampung dinaikin , jarum nya gak langsung ikut naik dan sebaliknya) , apa memang begitu ?
Motornya jupiter Z1
Makasih kang
Terima kasih kang, udah dicoba. tapi masalahnya kang, yang rusak kayaknya sih bagian yang ada pcb nya kang, bisa tidaknya hanya ganti pcb di tempat betulin elektronik ya kang, apakah ada tahanannya tiap sisinya kang, mohon pencerahan kang. Terima kasih….
gan jarum indikator bensin ane pas bensin full naik y cuma dikit, di jumper pake kabel pun sudah , hasil.y sama aja, kira2 apa.y yah gan,,, mohon pencerahannya, terimakasih.
trima ksh. sy telah ikuti petunjuk. dan lakukan pada mtr jupiter mx thn 2009. Mau ty. stlah bensin full tangky jarum naik full. Saat kontak dimatikan jarum tetap pd posisi full. apa ciri khas seperti itu? Sebab ada mtr mx thn 2012 saat matikan kontak jarum turun dan saat hidupkan kontak jarum naik pada posisi minyak terisi. apa lilitsn terlalu kencang? Trims sblmnya
bisa jadi lilitan terlalu kencang atau ada kabel lilitan yang nempel ke sel
tp ada jenis yamaha mx tanpa kopling. saat matikan kontak jarum minyak tidak turun. jarum hy turun menyesuiakan dengan banyak sedikitx minyak. apa yamah mx 2009 menggunakan kopling seperti itu atau harus turun saat matikan kunci kontak.
Bro.. motor ane itu indikator bensinnya normal tapi pas lampu besar nyala naik2 sendiri, dan kalo dimatiin balik normal lagi… kenape ya…???
Kemungkinan ada yang konslet di kabel speedometer
punya ane indikator nya naek klo di isi bbm full , begitu udah berkurang langsung ke posisi E. bisa ngga di akali pake trik ini??
bisa, coba saja
Itu cara nya buat semua merk motor ya om ??
KALAU YANG RUSAK TERNYATA JARUMNYA GIMANA? DAH DICOBA CARA ITU JARUM TTP DIEM SAJA. COBA DITUKAR PAKAI JARUM MOBIL LAIN TERNYATA NAIK SAMPAI FULL. APA BISA DIBENERIN KALAU YANG RUSAK JARUMNYA
Indikator bensin jupeter z 2010 ane juga bermasalah gk fungsi,apakah krn dipengaruhi krn gk ada aki nya ya mas ??? Mksh bnyk ilmunya
Motor saya vario kok setiap isi bensin jarumnya selalu nunjuk ke batang 3, nah kan tiba” langsung turun setelah dipake lama, trus pas dicek ketangkinya kira” msih stengah.. bisa gk diakalin pake cara ini ato jarumnya itu rusak?? Trims
bisa dicoba cara ini
Terima kasih atas infonya..
Mas.. Indikator bensin vega R saya juga ngaco (g mau turun), coba saya jumper kabel yg d tangki, jarum e g mau gerak, trus saya jumper lg kabel yg d speedometer, jarum e mau turun, saya cek kabel jalur e indikator bensin pke avo juga bagus (tdk putus), pelampung e tak kasih lilitan kabel spt anjuran mas.. & bensin saya isi full tank.. Tp jarum e cm menunjukkan setengah.. Kira2 yg rusak bagian yg mana ya mas.. Agar g salah beli partnya.. Hehehe
Makasih ilmunya kang, saya sudah praktikin di jupiter MX 2007 saya, dan alhamdulillah berhasil…
Boleh di coba ni kang…. punya ane kadang naik turun sndri
Nuhun ah.. Sapamadwgan berarti..